#6 10 Program TV Paling Berkilau : INTAN (RCTI)

Edisi Istimewa Bintang Paling Berkilau,
BI-864 / Tahun Ke XVII / Minggu Ketiga Nov 2007

Dari sekian banyak sinetron stripping, Intan yang tayang di RCTI setiap pukul 18:00 – 19:00 WIB paling banyak menyedot perhatian. Rekor sebagai sinetron stripping plus episode terbanyak juga disandangnya. Intan pada masa jayanya antara Maret, April, dan Mei 2007 pernah berada di puncak rating selama berbulan-bulan. Rating yang berhasil diraihnya sungguh fantastis, 9,9 dan share 33,0. Intan juga jadi rebutan biro iklan untuk menayang produknya di jam tayang Intan. Jangan heran, iklan di sinetron Intan sangat banyak. Bahkan pernah dalam 1 commecial break jumlah iklannya 25 lebih atau pernah 1 commercial break-nya dalam 5 menit. Luar biasa bukan? Bahkan untuk menampung semua iklan, RCTI memperpanjang jam tayang Intan menjadi 2 jam. Prestasi ini juga belum bisa disamai sinetron loain, termasuk sinetron stripping.

Lantas apa yang membuat sinetron in banyak digemari?
1.Pertama, cerita Intan yang diadaptasi dari serial Korea yang berjudul Be Strong Geum Soon memang bagus. Serial Korea ini juga sukses besar.

2.Kedua, Intan didukung pemain pemain pas, alias tidak salah kasting.

3.Ketiga, kata sutradaranya Doddy Djanas, di Intan tidak ada tokoh antagonis, yang ada abu-abu. Misalnya tokoh Nadine yang diperankan secara apik oleh Meriam Bellina atau tokoh Wina yang diperankan Nunu Datau. “karena tidak ada tokoh antagonis, di Intan tidak ada kata-kata kasar yang me maki orang sambil matanya melotot,” ucap Doddy sekali waktu.

4.Selain itu, acting Naysilla dan Dude yang berhasil menciptakan chemistry di antara mereka juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak yang memuji akting mereka berdua. Saking terhanyut dengan kisah cinta Intan dan Rado, banyak penonton yang berharap Nay dan Dude jadian di dunia nyata. Banyak yang bilang mereka pasangan serasi.

Sadar mendapat sambutan yang luar biasa iklan dan rating, episode Intan terus diperpanjang, tanpa memikirkan alur ceritanya masih menarik atau tidak. Bahkan Harsiwi, Direktur Program RCTI, pernah melontarkan niatnya untuk menggarap Intan sebanyak 300 episode. Tayang tiap hari, dan jam tayangnya ditambah membuat cerita Intan mulai mengada-ada. Protes pun berdatangan dari pencinta Intan. Namun hal ini tidak dihiraukan oleh SinemArt dan RCTI. Hal ini membuat penonton setia Intan jenuh dan akhirnya meninggalkan Intan dan beralih ke sinetron lain. Rating Intan turun, meski tidak drastis. Akhirnya pada episode 263 Intan menuntaskan episode pamungkasnya. Minggu–minggu terakhir rating Intan kembali naik. “Banyak pertimbangan kami menghentikan Intan. Rating Intan menjelang tamat masih bagus,” Ujar Harsiwi.

Author : Maest (sumber Bintang Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s